Penjelasan ROUTER Cisco - BLOG NGOPREX
MASIGNCLEAN101

Penjelasan ROUTER Cisco

 http://blogngoprex.blogspot.co.id/2018/02/penjelasan-router-cisco.html

Penjelasan ROUTER Cisco - Kali ini saya akan membahas mengenai perangkat-perangkat jaringan yang pada umumnya digunakan. Seperti kali ini yaitu akan membahas perangkat yang bernama ROUTER dari cisco.

APA ITU ROUTER ?
Router adalah salah-satu perangkat keras (Hardware) pada jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antar jaringan yang berbeda segmen, baik yang berbeda IP maupun yang berbeda network nya. Router ini bekerja dengan cara mengirimkan paket data melalui jaringan maupun internet untuk supaya menuju yang jadi tujuannya, nah proses tersebut yang dinamakan dengan proses Routing.

Kemudian untuk mengenai Cisco, maksudnya perangkat ini hasil atau buatan dari Cisco itu sendiri. Mungkin sobat akan bertanya apa sih Cisco itu? Baik saya akan menjelaskan mengenai Cisco ini.

Cisco adalah suatu perusahaan internasional yang bergerak dibidang Networking dengan memproduksi perangkat-perangkat jaringan dengan standard internasional. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat cari saja di google mengenai sejarah perusahaan Cisco.

Oke, sekarang akan menjelaskan mengenai Router Cisco ini, berikut penjelasannya :
Gambar.1  Router Cisco
Router mempunyai bagian-bagian yang mirip dengan PC pada umumnya, berikut adalah bagian-bagiannya :

RAM
Adalah singkatan dari Random Access Memory, yang fungsi utama pada Router ini adalah untuk menyimpan konfigurasi yang berjalan (Running-Configuration) dan juga untuk menyimpan tabel routing (Routing Table), menangani cache ARP, menyediakan memori sementara untuk konfigurasi paket, mengelola antrian paket, dan lainnya. RAM ini bersifat sementara, jadi jika perangkat dimatikan atau di-restart, maka semua data yang disimpan akan hilang.

NVRAM
Adalah singkatan dari Non-Volatile Random Access Memory, yang fungsinya berkebalikan dengan RAM diatas, yaitu untuk menyimpan konfigurasi secara permanen. Seperti peyimpanan konfigurasi pada start-up (Start-Up Configuration). Jika perangkat dimatikan atau di-restart, maka konfigurasi akan tetap ada karena sudah tersimpan pada NVRAM ini yaitu di Start-Up Configuration.

ROM
Adalah singkatan dari Read Only Memory, fungsi utamanya yaitu untuk menyimpan sistem bootstrap yang berfungsi untuk mengatur atau menjalankan POST (Power On Self Test) dan Image IOS.

INTERFACE PADA ROUTER
Gambar.2  Interface pada Router Cisco
Interface adalah komponen atau gerbang keluar dan masuknya suatu data, juga sebagai komponen eksternal dari suatu Router ini. Interface ini menjadi hal yang penting, mengingat pada setiap konfigurasi untuk menghubungkan pada perangkat lainnya mesti mengetahui dulu interface mana yang akan dihubungkan, dan kemudian mengkonfigurasinya. Sobat dapat lihat gambar interface diatas, memperlihatkan interface standard yang dimiliki sebuah router, diantaranya yaitu :
  • Serial Ports, Terdiri dari Serial0 dan Serial1.
  • FastEthernet Ports, sama halnya seperti pada PC.
  • Console Port, ini fungsinya untuk menghubungkan Router tersebut dengan PC Client, bertujuan untuk mengkonfigurasi Router tersebut pada PC Client dengan menggunakan kabel Roll-Over.
  • Auxillary Port, fungsinya sama seperti Console Port.
  • Power Switch, untuk menghidupkan maupun mematikan Router.
  • Power Cord, ini sebagai arus listrik.
Nah, kemudian bagaimana cara untuk terhubung ke Router untuk mengkonfigurasi? Sobat dapat memilih beberapa jalur yang tersedia, seperti :
  • Port Console dan Port Auxillary, ini sobat hanya menancapkan kabel Roll-Over pada interface tersebut, kemudian sobat akan terhubung disana.
  • Telnet/SSH dengan Port Ethernet atau Port Serial.
Kemudian, mengenai kabel Serial ini terdapat dua sisi yang berbeda yaitu pada sisi pertama dengan jenis DTE (Data Terminal Equipment) atau disebut juga dengan koneksi male (jantan), kemudian sisi kedua dengan jenis DCE (Data Circuit-terminating Equipment) atau disebut juga dengan koneksi female (betina).



Kesimpulan : Jadi Router ini adalah perangkat keras jaringan yang fungsinya untuk menghubungkan jaringan yang berbeda segmen IP.
Kemudian untuk Cisco sendiri itu adalah suatu perusahaan asal California-Amerika Serikat yang bergerak dibidang networking yang memproduksi perangkat perangkat jaringan dengan standard internasional.
Kemudian Interface adalah komponen yang terdapat pada suatu perangkat (disini yaitu Router) yang fungsinya sebagai gerbang keluar dan masuknya suatu data.

Oke, cukup sekian artikel kali ini yang membahas mengenai ROUTER Cisco.

Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan saja dikolom komentar.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sekalian, dan jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke media sosial😊
Share This :
Muh Riza Faizal
Silahkan beri komentar yang membangun buat penulis.
notifications_active Notification
Blog ini membahas seputar konfigurasi jaringan, server dan lainnya yang berhubungan dengan teknologi dan komputer.
Done